Hubungi Kami di Whatsapp: 0877 88 555 153, Line: fastatour, Telp./SMS: 085 212121 153 / 0877 88 555 153, Email: fastatour@gmail.com

Wisata ke Pulau Bali, Liburan ke Pulau Bali

Wisata ke Pulau Bali


Wisata ke Pulau Bali - Pulau Bali atau yang biasa di sebut pulau Dewata yang terkenal dengan lanskap bervariasi bukit dan gunung, garis pantai yang berbatu dan pantai berpasir, sawah subur dan lereng bukit vulkanik tandus semua memberikan latar belakang yang indah dengan budaya berwarna-warni, sangat spiritual dan unik, saham klaim serius menjadi surga di bumi. Dengan berselancar kelas dunia dan menyelam, sejumlah besar atraksi budaya, sejarah dan arkeologi, dan berbagai besar akomodasi, ini adalah salah satu tujuan paling populer di dunia dan salah satu pulau yang secara konsisten memenangkan penghargaan perjalanan travelling. Oleh karena itu banya travel agent domestik atau mancanegara yang menjual paket tour di Bali.


wisata ke pulau bali


Anda harus ber wisata ke pulau Bali, karena pulau Bali memiliki sesuatu untuk menawarkan pasar yang sangat luas mulai dari tamu (pengunjung) backpacker sampai dengan tamu super kaya.


Pulau Bali dibagi menjadi 6 bagian daerah yaitu:




  1. Bali Selatan (Kuta, Bukit Peninsula, Canggu, Denpasar, Jimbaran, Legian, Seminyak, Sanur, dan Tanah Lot)

  2. Bali Tengah (Ubud, Bedugul dan Tabanan)

  3. Bali Barat (Negara, Gilimanuk, pantai Medewi, Pemuteran dan Taman Nasional Bali Barat)

  4. Bali Utara (Lovina, Singaraja)

  5. Bali Timur (Amed, Besakih, Candidasa, Kintamani, Klungkung, Gunung Agung,Padang Bai, Tirta Gangga)

  6. Kepulauan Tenggara (Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan)


Kota atau daerah yang ada di pulau Bali yang cukup terkenal bagi wisatawan yang harus diketahui untuk wisata ke pulau bali diantaranya:



  • Denpasar: merupakan ibukota provinsi Bali, kota yang cukup ramai, tapi bukan merupakan tujuan wisata utama.

  • Candidasa: sebuah kota pantai yang tenang, Aga Bali dan pintu gerbang ke pantai timur.

  • Kuta:  pusat surfer, daerah yang paling maju perkembangannya di Bali. Banyak terdapat tempat belanja, restaurant, cafe dan hiburan malam lainya.

  • Jimbaran: tempat wisata kulinar makanan laut (seafood), dan juga tempat pelelangan ikan yang paling ramai di Bali.

  • Legian: terletak diantara Kuta dan Seminyak, banyak terdapat tempat hiburan malam dan tempat belanja.

  • Lovina: merupakan tempat wisata dolphin (lumba-lumba), pantainya terkenal mempunyai pasir hitam vulkanik dan terumbu karang.

  • Padang Bai:  pelabuhan penyeberangan ke pulau Lombok, juga terkenal dengan desa nelayan tradisional yang tenang. Juga tempat yang bagus untuk menikmati pantai, snorkeling, menyelam dan makan ikan.

  • Sanur: pantai yang populer untuk masyarakat lokal Denpasar dan turis asing usia tua

  • Seminyak: daerah wisata yang tenang, dikenal dengan resort dan restauran kelas atas

  • Ubud: pusat seni dan tari di kaki bukit, dengan beberapa museum, hutan monyet dan banyak dijumpai toko seni dan toko-toko kerajinan

  • Amed: daerah yang tenang, desa-desa nelayan tradisional menampilkan pantai pasir hitam, terumbu karang dan sangat baik untuk menyelam

  • Bedugul: terdapat danau yang indah, lapangan golf, kebun raya dan pura Ulun Danu yang terkenal

  • Bukit Peninsula: terletak diujung selatan Bali, tempat berselancar kelas dunia, pantai yang panjang dan luas, juga pura Uluwatu

  • Kintamani: terdapat gunung berapi aktif yaitu gunung Batur, suhu dingin dan banyak ditanam buah jeruk

  • Gunung Agung: gunung tertinggi di Bali dan di kaki gunung terdapat pura Besakih

  • Nusa Dua: tempat hotel dan resrot bintang 5 dan terkenal dengan pantai pasir  emas

  • Nusa Lembongan dan Nusa Penida: tempat yang baik untuk menyelam, snorkeling dan surfing dan juga tempat yang bagus untuk bersantai

  • Taman Nasional Bali Barat: wisata trekking, tempat mengamati burung Jalak Bali, dan lokasi menyelam yang baik.


Geografis Pulau Bali


Sebelum ber wisata ke pulau Bali, mari kita pelajari  geografis pulau Bali. Geografis Pulau Bali adalah salah satu dari lebih dari 17.000 pulau di Indonesia dan terletak lebih dari 2 kilometer dari ujung timur pulau Jawa dan barat pulau Lombok . Pulau Bali memiliki jumlah penduduk sekitar 4,2 juta orang, dengan panjang sekitar 144 kilometer dari timur ke barat dan 80 kilometer dari utara ke selatan.


Kata "surga" banyak digunakan di Bali dan bukan tanpa alasan. Kombinasi penduduk yang ramah, budaya spiritualitas dan pantai yang spektakuler untuk berselancar dan menyelam telah membuat pulau Bali menjadi daya tarik wisata nomor satu di Indonesia. Delapan puluh persen dari pengunjung internasional ke Indonesia hanya mengunjungi pulau Bali saja. Jadi pantaslah kalau banyak orang ingin ber wisata ke pulau Bali.


Popularitas pulau Bali yang menjadi sebagian alasan orang ber wisata ke pulau Bali bukan tanpa hambatan, seperti pada destinasi wisata lain, tahun 2002 dan 2005 pulau Bali mengalami 2 x gangguan yang mengakibatkan turunnya wisatawan secara drastis yang datang ke Bali, yaitu bom Bali yang dilakukan teroris. Namun Bali telah berhasil mempertahankan keajaibannya.


Pulau Bali adalah tujuan wisata yang indah dengan keajaiban budaya dan pantainya untuk semua orang. Meskipun pulau Bali sangat jauh letaknya bagi wisatawan eropa dan amerika, banyak wisatawan muda ber wisata ke pulau Bali untuk menemukan kedamaian dan ketenangan.


Jika ingin ber wisata ke pulau Bali hindari wilayah Kuta, Legian dan Seminyak jika Anda ingin pengalaman yang lebih tradisional dan asli Bali. Pertimbangannya adalah musim liburan dan Bali bisa sangat padat pada bulan Agustus dan September dan sekali lagi pada Natal dan Tahun Baru. Wisatawan Australia juga banyak berkunjung selama liburan sekolah pada awal April, akhir Juni dan akhir September, sedangkan wisatawan domestik dari tempat lain di Indonesia, mengunjungi pulau Bali selama liburan nasional. Di luar tanggal-tanggal high season dan peak season, Bali akan memberikan ketenangan bagi anda dan diskon harga untuk kamar hotel dan tiket pesawat.


wisata ke pulau bali pantai kuta



Sejarah Pulau Bali


Sebelum ber wisata ke pulau Bali pelajari dulu sejarah pulau Bali. Agama Hindu pertama kali tiba di pulau Bali sejak tahun 100 SM, tetapi sebenarnya budaya unik yang anda lihat sekarang sebenarnya berasal dari pulau Jawa dan beberapa pengaruh dari animisme masa lalu yang ada di pulau Bali. Aturan Jawa Majapahit atas pulau Bali menjadi lengkap dalam abad ke-14 ketika Gajah Mada, Perdana Menteri raja Jawa, mengalahkan raja Bali di Bedulu. Aturan Kekaisaran Majapahit mengakibatkan masuknya awal budaya Jawa, sebagian besar dari semua dalam arsitektur, tarian, lukisan, patung dan teater boneka wayang. Semua budaya Jawa ini masih tetap ada sampai hari ini. Ada sedikit orang Bali yang tidak mengadopsi budaya Jawa Hindu, yang sekarang dikenal sebagai Bali Aga ("Bali asli") dan masih tinggal di desa-desa terpencil Tenganan dekat Candidasa dan Trunyan di pantai timur terpencil Danau Batur di Kintamani . Dengan kebangkitan agama Islam di kepulauan Nusantara, Kekaisaran Majapahit di Jawa jatuh dan Bali menjadi negara/kerajaan merdeka dekat pergantian abad ke-16. Masuknya aristokrasi Jawa yang mengungsi ke Bali, membuat seni, sastra dan agama Hindu di pulau bali menjadi lebih kuat. Penjajah Belanda juga masuk ke pulau Bali, banyak rakyat yang ditangkap oleh Belanda dan terjadi perang brutal periode tahun 1846 - 1849. Bali selatan tidak bisa ditaklukkan Belanda sampai tahun 1906, dan Bali timur tahun 1908. Antara tahun 1906 dan 1908, banyak orang Bali memilih mati dan berjuang secara massal sampai titik darah penghabisan yang dikenal sebagai perang Puputan. Kemenangan Belanda dari perang Puputan sangat mencoreng Belanda di dunia internasional. Untuk menebus ini Belanda tidak membuat Bali masuk ke dalam sistem tanam paksa, seperti yang terjadi di Jawa, dan malah mencoba untuk mempromosikan budaya Bali melalui kebijakan mereka Baliseering atau "Balinisation Bali".  Dan tahun 1945 Bali menjadi bagian NKRI yang menjadi negara merdeka. Dan tahun 1965 juga terjadi pembunuhan masal yang dilakukan oleh PKI di pulau Bali, lebih  80.000 rakyat yang dibunuh oleh PKI, atau sekitar 5 % dari populasi Bali pada saat itu.



Budaya Pulau Bali


Asyiknya ber wisata ke pulau Bali karena tidak seperti pulau lainnya di Indonesia sebagian besar Muslim, pulau Bali masyarakatnya mayoritas memiliki agama dan budaya Hindu. Setiap aspek kehidupan Bali yang diliputi dengan agama dan budaya Hindu, tetapi tanda-tanda yang paling terlihat adalah persembahan kecil (canang sari, atau sesajen) bisa ditemukan di setiap rumah di pulu Bali, tempat kerja, restoran, warung souvenir, bandara meja check-in, dll. Daun nampan ini dibuat setiap hari dan dapat berisi berbagai besar menawarkan item: bunga, beras ketan, kue, garam, dan bahkan rokok dan kopi! Persembahan mulai dengan membakar dupa dan ditaburi dengan air suci tidak kurang dari tiga kali sehari, sebelum makan. Jangan khawatir jika anda menginjak satu canang di tanah karena tidak sengaja saat berjalan. Hindu Bali menyimpang dari mainstream lebih dari 500 tahun yang lalu dan cukup berbeda dari apa yang akan anda lihat di India. Orang Bali sangat pintar memahat, dan kuil-kuil dan halaman dilengkapi dengan patung dewa dan dewi seperti Dewi Sri, dewi padi dan kesuburan, serta melindungi manusia dari mahluk jahat seperti toothy Rakasa.



Tari dan Musik Bali


Saat anda ber wisata ke pulau Bali anda harus menonton kesenian tari Bali. Tari dan musik Bali juga terkenal dan menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau Bali. Seperti di pulau Jawa, gamelan dan pertunjukan wayang kulit  mendominasi untuk hiburan rakyat. Tarian Bali sangat visual dan dramatis, dan diantara tari Bali yang termasuk paling terkenal yaitu:




  • Barong atau "barongsai" - tarian ritual yang menggambarkan pertarungan antara kebaikan dan kejahatan, dengan pemain mengenakan topeng menakutkan seperti singa. Tarian ini sering dipentaskan khusus untuk wisatawan karena merupakan salah satu pertunjukan yang paling spektakuler dan alur cerita yang relatif mudah diikuti. Pertunjukan tari Barong banyak ditemukan di daerah Batu Bulan dan Ubud.

  • Calonarang - tarian spektakuler yang merupakan kisah memerangi sihir gelap dan mengusir roh-roh jahat Rangda. Cerita ini memiliki banyak variasi dan jarang ada dua tarian Calonarang memainkan tarian yang sama. Jika anda dapat menemukan tarian Calonarang yang asli, maka anda akan mendapatkan pengalaman yang benar-benar ajaib.

  • Kecak atau "tari monyet" - sebenarnya diciptakan pada tahun 1930 oleh warga Jerman seorang artis yang bernama Walter Spies untuk sebuah film layar lebar, Walter menggunakan sampai dengan 250 penari dalam sebuah lingkaran konsentris dan meneriakkan "kecak kecak", sementara penari di tengah menarikan spiritual. Pertunjukan tari Kecak sangat populer dipentaskan setiap hari di Pura Uluwatu.

  • Legong Keraton - mungkin merupakan tarian yang paling terkenal yang dipentaskan dari semua tarian Bali. Dilakukan oleh gadis-gadis muda, ini adalah tarian bidadari ilahi yang berasal dari pulau Jawa abad ke-12. Jika berkunjung ke pulau Bali cobalah untuk menemukan tari Legong Keraton yang asli, karena banyak juga tari Legong Keraton dijadikan pertunjukan tari pendek di beberapa restaurant dan hotel di pulau Bali.


wisata ke pulau bali dan budaya bali



Upacara atau Odalan di Bali

Ada sekitar 20.000 kuil (pura) di pulau Bali, yang masing-masing memegang upacara (Odalan) setidaknya dua kali setahun. Dengan banyaknya hari baik lainnya sepanjang tahun selalu ada perayaan upacara dilangsungkan. Odalan untuk seluruh masyarakat pulau Bali ditentukan oleh dua kalender lokal,  210 hari wuku atau kalender pawukon, yang tidak sama dengan kalender Masehi, kalendar Bali perhitungannya berdasarkan perputaran bulan, sedangkan kalender Masehi perhitungannya berdasarkan perputaran matahari. Berikut odalan besar yang diadakan oleh semua masyarakat Bali.




  • Ngaben atau pemakaman (pitra yadnya) adalah salah satu upacara yang dilakukan oleh Umat Hindu di Bali yang tergolong upacara Pitra Yadnya (upacara yang ditunjukkan kepada Leluhur).

  • Galungan adalah festival 10 hari yang datang sekitar setiap 210 hari dan merayakan kematian tiran Mayadenawa. yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan). Dewa dan leluhur mengunjungi bumi dan akan disambut dengan tiang bambu hadiah sarat disebut penjor yang melapisi jalan-jalan. Hari terakhir festival dikenal sebagai Kuningan.

  • Nyepi, atau Tahun Baru Hindu, juga dikenal sebagai hari keheningan mutlak. Jika anda berada di Bali pada hari-hari sebelumnya Nyepi, Anda akan melihat raksasa berwarna-warni yang menakjubkan (ogoh ogoh) yang dibuat oleh setiap banjar. Pada malam Nyepi, ogoh ogoh yang diarak di jalanan, pemandangan yang menakjubkan yang tidak boleh dilewatkan. Ada alasan baik untuk menghindari Nyepi juga, tapi bagi banyak pengunjung ini akan sebanding dengan hak istimewa mengalami seperti festival unik. Pada Nyepi benar-benar segala sesuatu di pulau dimatikan antara 6:00 pada hari tahun baru dan 06:00 keesokan harinya. Wisatawan terbatas pada hotel dan diminta untuk menjadi setenang mungkin untuk hari. Setelah gelap, cahaya harus disimpan secara minimal. Tidak ada yang diizinkan ke pantai atau jalan-jalan. Satu-satunya pengecualian diberikan adalah untuk kasus-kasus darurat nyata. Bandara masih ditutup untuk sepanjang hari, yang berarti tidak ada penerbangan ke atau keluar dari Bali selama 24 jam. Pelabuhan feri ditutup juga. Sebagai tanggal yang tepat dari Nyepi berubah setiap tahun, dan tidak akhirnya menetapkan sampai kemudian pada tahun sebelumnya, penerbangan akan dipesan oleh maskapai penerbangan untuk hari ini jika Anda memesan lebih awal. Ketika tanggal ditetapkan, dan karena mendapat lebih dekat, maskapai penerbangan akan mengubah pemesanan mereka sesuai. Ini mungkin berarti bahwa Anda harus mengubah pemesanan akomodasi Anda jika penerbangan Anda telah membeli maju atau mundur untuk memenuhi Nyepi hari. Semua libur nasional di Indonesia berlaku di Bali, meskipun Ramadhan secara alami acara jauh lebih kecil di sini daripada di daerah Muslim di negara itu. Jadi sebelum ber wisata ke pulau Bali lihat kalender kapan hari-hari besar agama di Bali.


Video tentang objek untuk wisata ke pulau Bali.

https://www.youtube.com/watch?v=xuxF1cRCStg

Subscribe to receive free email updates: